Home » Strategi Bisnis » 5 Elemen Dari Sebuah Rencana Bisnis

5 Elemen Dari Sebuah Rencana Bisnis

5 Elemen Dari Sebuah Rencana Bisnis Reviewed by on . This Is Article About 5 Elemen Dari Sebuah Rencana Bisnis Rating: 5

5 Elemen Dari Sebuah Rencana Bisnis

Wednesday, September 19th 2012. | Strategi Bisnis

Sekarang Anda memahami mengapa Anda membutuhkan sebuah rencana bisnis dan Anda telah menghabiskan beberapa waktu untuk mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan untuk membuat sebuah rencana bisnis. Saatnya untuk menyingsingkan lengan baju Anda dan mulai Membuat sebuah rencana bisnis yang bagus. Artikel-artikel di bawah ini akan menjelaskan secara rinci tujuh bagian penting dari rencana bisnis: apa yang harus dimasukkan, apa yang tidak harus dimasukkan, bagaimana angka-angka akan bekerja dan sumber daya tambahan yang bisa membantu bisnis kita.

Ringkasan Eksekutif
Dalam garis besar keseluruhan dari rencana bisnis, ringkasan eksekutif akan mengikuti halaman judul. Ringkasan harus memberitahu pembaca apa yang Anda inginkan. Hal ini sangat penting. Dalam ringkasan tersebut harus jelas menyatakan apa yang Anda minta.

Pernyataan tersebut harus disimpan pendek dan lugas, mungkin tidak lebih dari setengah halaman. Namun bisa juga lebih lama, tergantung pada seberapa rumit penggunaan dana, akan tetapi ringkasan rencana bisnis itu seperti sebuah ringkasan aplikasi pinjaman, umumnya tidak lebih dari satu halaman. Dalam ringkasan itu, Anda harus memberikan sinopsis dari seluruh rencana bisnis Anda. Elemen-elemen kunci yang harus dimasukkan adalah:

  1. Konsep Bisnis. Menggambarkan bisnis, produk dan pasar yang akan melayani. Ini harus menunjukkan persis apa yang akan dijual, kepada siapa dan mengapa bisnis bisa memegang keunggulan kompetitif.
  2. Fitur keuangan. Menyoroti poin penting keuangan dari bisnis termasuk penjualan, laba, arus kas dan laba atas investasi.
  3. Persyaratan keuangan. Jelas menyatakan modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis dan mengembangkannya. Seharusnya berisi detail bagaimana modal akan digunakan, dan ekuitas, jika ada yang akan diberikan untuk pendanaan. Jika pinjaman untuk modal awal akan didasarkan pada keamanan( bukan pada ekuitas), Anda juga harus menentukan sumber agunan.
  4. Posisi Bisnis Saat Ini. Melengkapi informasi yang relevan tentang perusahaan, bentuk hukumnya operasionalnya, kapan dibentuk, para pemilik utama dan karyawan kunci.
  5. Prestasi Besar. Detail setiap perkembangan dalam perusahaan yang penting bagi keberhasilan bisnis. Prestasi utama meliputi item seperti paten, prototipe, lokasi fasilitas, kontrak-kontrak penting yang perlu untuk proses pengembangan produk, atau hasil dari setiap uji pemasaran yang telah dilakukan.

Saat menulis ringkasan tujuan bisnis Anda, usahakan jangan terlalu panjang. Jika pernyataan tujuan tersebut berisi delapan halaman atau lebih, maka tak seorang pun akan membacanya karena mereka akan malas untuk membaca ringkasan bisnis Anda. Jadi cobalah membuat sebuah ringkasan bisnis yang pendek, jelas dan berbobot.

Sumber : http://www.entrepreneur.com

Related For 5 Elemen Dari Sebuah Rencana Bisnis

Comment For 5 Elemen Dari Sebuah Rencana Bisnis