Home » Strategi Bisnis » Membuat Strategi Bisnis Yang Bagus

Membuat Strategi Bisnis Yang Bagus

Membuat Strategi Bisnis Yang Bagus Reviewed by on . This Is Article About Membuat Strategi Bisnis Yang Bagus Rating: 4

Membuat Strategi Bisnis Yang Bagus

Wednesday, September 19th 2012. | Strategi Bisnis

Identifikasi dan Analisa Persaingan Bisnis Anda. Analisis kompetitif adalah pernyataan dari strategi bisnis dan bagaimana kaitannya dengan kompetisi sebuah bisnis. Tujuan dari analisis kompetitif adalah untuk menentukan kekuatan dan kelemahan pesaing dalam pasar Anda, strategi yang akan menyediakan Anda keuntungan yang berbeda, hambatan yang dapat dikembangkan untuk mencegah persaingan memasuki pasar Anda, dan setiap kelemahan yang dapat dimanfaatkan dalam siklus pengembangan produk.

Langkah pertama dalam analisis pesaing adalah untuk mengidentifikasi persaingan saat ini dan persaingan yang berpotensi. Pada dasarnya ada dua cara dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi pesaing. Yang pertama adalah melihat pasar dari sudut pandang pelanggan dan kelompok semua pesaing Anda dengan sejauh mana mereka bersaing. Metode kedua adalah melihat strategi kompetitif pesaing Anda sehingga Anda memahami apa yang memotivasi mereka.

Setelah Anda telah berhasil mengelompokkan pesaing Anda, Anda sekarang dapat mulai menganalisis strategi mereka dan mengidentifikasi di daerah-daerah/bagian-bagian mana mereka masih rentan(masih terdapat kekurangan). Hal ini dapat dilakukan melalui pemeriksaan kelemahan kompetitor dan kekuatan kompetitor Anda. Sebuah kekuatan pesaing dan kelemahan biasanya didasarkan pada keberadaan dan ketiadaan aset utama dan keterampilan yang diperlukan untuk bersaing di pasar.

Untuk menentukan apa aset utama atau keterampilan dalam suatu industri, David A. Aaker dalam bukunya, Mengembangkan Strategi Bisnis, menyarankan Anda untuk berkonsentrasi pada upaya dalam empat bidang seperti di bawah ini:

  1. Alasan di balik kegagalan serta keberhasilah sebuah perusahaan
  2. Motivator Pelanggan Utama
  3. Biaya Komponen Terbesar
  4. Hambatan Mobilitas Industri

Menurut teori, kinerja sebuah perusahaan dalam pasar secara langsung berkaitan dengan kepemilikan aset utama dan keterampilan. Oleh karena itu, analisis pemain yang kuat harus mengungkapkan penyebab di balik track record yang sukses. Analisis ini, dalam hubungannya dengan pemeriksaan perusahaan yang gagal dan alasan di balik kegagalan mereka, harus memberikan ide yang baik dari apa aset utama dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi sukses dalam industri dan segmen pasar tertentu.

Melalui analisis pesaing Anda, Anda juga dapat membuat strategi pemasaran yang akan menghasilkan aset atau keterampilan yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda, yang akan menyediakan Anda keunggulan kompetitif yang berbeda dan abadi. Karena keunggulan kompetitif dikembangkan dari aset utama dan keterampilan, Anda harus duduk dan mengumpulkan jaringan kekuatan kompetitif. Ini adalah skala yang berisi daftar semua pesaing utama atau kelompok strategis berdasarkan aset yang berlaku.

Untuk membuat kotak kekuatan kompetitif, tuliskan semua aset kunci dan keterampilan di bagian bawah kiri sebuah kertas. Di bagian atas, tuliskan dua kolom header: “kelemahan” dan “kekuatan.” Dalam setiap kategori aset atau keterampilan, tempatkan semua pesaing yang memiliki kelemahan dalam kategori tertentu di bawah kolom kelemahan, dan semua orang yang memiliki kekuatan dalam kategori tertentu dalam kolom kekuatan. Setelah Anda selesai, Anda dapat menentukan di mana Anda berdiri dalam kaitannya dengan perusahaan-perusahaan lain yang bersaing dalam industri Anda.

Setelah Anda menetapkan aset kunci dan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam bisnis ini dan telah menetapkan keuntungan kompetitif Anda, Anda perlu mengatur asset utama serta ketrampilan tersebut ke dalam bentuk strategi bisnis yang akan menarik pangsa pasar serta mempertahankannya. Strategi kompetitif biasanya jatuh ke dalam lima bidang:

1. Produk
2. Distribusi
3. Harga
4. Kenaikan
5. Pengiklanan

Banyak faktor yang menyebabkan pembentukan strategi sudah seharusnya disorot dalam bagian sebelumnya, khususnya dalam strategi pemasaran. Strategi terutama berkisar pada penetapan titik masuk dalam siklus hidup produk dan keunggulan kompetitif tertahankan. Seperti yang telah kita bahas, ini melibatkan proses pendefisian unsur-unsur yang akan mengatur produk atau layanan selain dari pesaing Anda. Anda perlu membangun keunggulan kompetitif ini dengan jelas sehingga pembaca memahami tidak hanya bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda, tetapi juga mengapa strategi Anda akan bekerja.

sumber : http://www.entrepreneur.com

Related For Membuat Strategi Bisnis Yang Bagus

Comment For Membuat Strategi Bisnis Yang Bagus